Langsung ke konten utama

TAKUT

Pagi tadi saya naik sepeda motor ke kantor dengan perasaan saya setting 'takut'. Setting-an ini saya sengaja agar saya menaiki sepeda motor agak pelan. Biasanya sih, agak jos! Yah, kayak anak muda geetoo...Hehehe.

Ternyata dengan setting-an kendor bahkan nyaris tanpa emosi, perjalanan ke kantor jadi rileks, cool, dan menyenangkan. Dibalap crosser-crosser jalanan, adem aja. Dibalap bapak-bapak tua kayak Casey Stoner, cool aja. Pokoknya asyik aja.

Nggak tau kenapa, sekarang saya mulai takut ngebut. Takut tabrakan kali? Nggak enak kan, udah tua jatuh dari motor akibat tabrakan. Celakannya lagi gara-gara ngebut. Ih, jorok, udah tua masih aja ngebut.

Ya gitu deh. Saya sekarang akan belajar naik motor dengan setting-an kalem. Karena mulai ada takutnya. Hehehe. Tapi dibalik kekaleman tadi saya nemu ketenangan dan kenikmatan. Lha, wong jalan yang dilewati tiap hari sama, mosok kita pake motornya dengan kesetanan dan ngamuk ama jalan. Nggak logis!

Dimana gurihnya hidup?

Bukankah hidup harus disyukuri, dinikmati dari detik ke detik. Mau sedang di jalan kek, di mesjid kek, atau maap, sedang di kakus. Semuanya karunia Allah, Bro...

Saya inget waktu kecil di komplek AD (Angkatan Darat) dulu. Setiap ada acara suntikan cacar atau polio, ibu saya sering membawa kami ke pinggir kali untuk menghindari suntikan. Ibu tidak tega ngeliat anaknya nagis disuntik.

Untung kami sekarang nggak kena polio dan cacar. Bayangkan.

Sekarang ibu juga takut petir. Tiap kilat menyambar langit ibu kaget. Saya bilang, bukan ibu saja yang takut, tapi semua manusia di bumi juga takut. Tapi takut yang baik adalah takut sama Dzat yang punya petir. Bener nggak, Bu?

Saya jadi inget satu nama kampung di Depok sana yaitu Pondok Petir. Petir banyak bahkan diatas rata-rata di kampung itu. Makanya disebut Pondok Petir, alias omah gkuduk. Semoga Allah selalu diingat oleh penduduk kampung itu.

Goenawan Muhamad mantan GM Tempo bilang, bahwa takut adalah salah satu unsur yang membuat manusia selamat. Bukan berani. Orang pemberani biasanya malah cepat mati!

Menjadi takut kadang membosankan. Takut miskin jadi pelit. Takut nggak bisa nyenengin istri malah jadi perjaka tua. Takut nggak kaya malah korupsi, dan takut untuk tidak menjadi penakut malah phobia.

Saya paling takut kalo hidup nggak punya arti buat orang lain. Biar gembel, tapi harus memiliki nilai bila kita jadi mayat. Nggak penting kecil peran kita di dunia yang penting dikenang manfaat kita selama hidup di dunia. Saya nggak ingin bila saya mati, jasad saya sama seperti jasad-jasad lain; jasad saya harus punya sumbangan kayak Einstein, Newton dibidang sains atai Jimmi Hendrix di kalangan gitaris klasik dunia. Pengennya saya ingin dikenang seperti Sayyidina Ali atau Sunan Kalijogo bila mati kelak.

Tapi apa yang saya lakukan sekarang akan bisa menjadi seperti dua nama terakhir nanti, itu dia masalahnya.

Ya Pemilik Dunia, hamba ikhlas menjadi apapun kini dan nanti, tapi bolehkah hamba berharap pasca kematian nanti, akan dikenang seperti para syuhada, seperti para ahli sholat, seperti para ahli dzikir yang wajahnya selalu teduh di saat apapun karena tahu hidupnya dekat denganMu.

Wahai Pemilik Semesta, ataukah hamba yang sekarang adalah sebaik-baiknya calon mayat yang terbaik bagi kehidupan setelah kematian hamba kelak.

Ya Allah, Ya Rabbi, Ya Karim....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENGGAK MUDIK (LAGI) DI 2017

Biasalah Sodara-sodara.   Lebaran Juni 2017 ini saya dan istri nggak mudik.  Baik mudik ke Banjarmasin ato ke Banyuwangi. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami sudah memutuskan untuk tidak akan mudik saat Lebaran tiba.  Mengapa? Selama hampir 22 tahun di Jakarta, saya mudik saat menjelang Lebaran terjadi pada 1997, 1998, 2000, 2001, 2003, 2004, 2006, 2009.  Setelah itu mudik tapi nggak menjelang Lebaran.  Artinya pulang kampungnya bisa dua kali tapi di bulan yang lain.  Kami tahu betapa hebohnya mudik menjelang lebaran.  Dari sulitnya cari tiket, desak-desakan di bis/kereta api, sampai susahnya pula perjalanan arus balik.  Itu sebabnya bila Anda ingin mudik rileks, tenang, damai dan fun, maka pilihlah mudik di luar Lebaran.  Lagian mana tahan orang 19 juta pemudik bergerak bersama di jalan yg itu-itu juga (Referensi, Budi K. Sumadi, Menhub).  Sangat tidak layak, berbahaya, dan menyengsarakan.  Kita bicara orang Jakarta yang mudik saja, prediksi total 4 juta saja dg asumsi mo

MENSIKAPI DATANGNYA MASA TUA

Setelah solat subuh di Mejid Al-Muqarrabin, pagi ini, 3 Muharam 1432 H atau 9 Desember 2010, saya buru-buru pulang. Apa pasal? Saya pengen buru-buru nulis di blog ini mumpung ingatan saya tentang materi kultum yang saya bawakan masih anget bin kebul-kebul. Heee..... Begitulah Pembaca Yang Budiman, saya barusan share pengetahuan dengan ngasih kultum di mesjid kali ketiga atau dalam 3 bulan terakhir ini. Seperti biasa materi saya kumpulin dari internet, Quran, beberapa hadist dan beberapa riwayat. Kebiasaan juga masih, saya mempersiapkannya jam 21.00 ampek 23.30 wib, terus siapin hape dengan irama alarm, biar nggak kelewat. Bahaya, kan? Inilah kira-kira isi ceramah itu: Assalamuaalaikum warrah matullahi wabaraktuh. إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِهَدُ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ

LAKI-LAKI MENANGIS

DIANTARA karunia dan nikmat Allah bagi umat ini adalah Dia (Allah) mengutus Nabi Muhammad kepada kita. Dengan diutusnya Muhammad Rosulullah, Allah menjadikan mata yang buta menjadi terbuka, membuat telinga yang tuli menjadi mendengar, dan membuka kalbu yang terkunci mati. Diutusnya Rasulullah, Allah menunjuki orang yang sesat, memuliakan orang yang hina, menguatkan orang yang lemah dan menyatukan orang serta kelompok setelah mereka bercerai-berai. Selasa 5 Juli 2011 bila anda nonton TV-One live ada menanyangkan pemakaman KH. Zainuddin MZ. Kamera sempat menyorot dua tokoh nasional H.Rhoma Irama dan KH. Nur Iskandar SQ keduanya tampak menangis. Mengapa mereka menangis? Pernahkah anda menangis oleh karena melihat orang meninggal dunia? Ataukah kita baru mengingat pada kematian? Ad-Daqqa berkata : "Barangsiapa yang sering ingat kematian, ia akan dimuliakan dengan 3 hal, yakni : lekas bertobat, hati yang qanaah (menerima apa adanya ketentuan Allah), dan semangat dalam beribadah. &q